Resep Membuat Ayam Bakar Lumajang

Resep Membuat Ayam Bakar Lumajang

Resep Membuat Ayam Bakar Lumajang- Bagi anda yang berada di Jawa Timur terutama daerah Lumajang, tentu tidak asing lagi dengan Masakan yang satu ini karena memang masakan ini cukup terkenal di indonesia dan bahkan sampai ke luar negeri.Masakan dengan bahan baku ayam yang dibakar ini sangat enak dan mempunyai ciri khas sendiri yang membedakan dari ayam bakar-ayam bakar lainnya karena memang mempunyai Rasa yang khas.
 
Enak dan Gurih ayam bakar Lumajang ini tentu dapat anda rasakan kenikmatannya apalagi ketika disajikan dengan Nasi yang masih hangat dengan Membeli langsung ataupun Anda bisa membuatnya sendiri dirumah, karena Selain Bahan baku yang mudah didapat juga proses pembuatannya tidak terlalu sulit, namun yang terpenting anda tahu Resep Masakannya dan juga Proses pembuatannya.
Cara membuat ayam bakar lumajang
 
Berikut Cara membuat ayam bakar lumajang lengkap dengan Cara pembuatannya, silahkan anda simak 
 
Bahan :
  1. 1 ekor ayam kampung dibersihkan dan dipotong menjadi 4 bagian
  2. 2 butir jeruk nipis (diambil airnya)
  3. 1 sendok teh garam
  4. minyak untuk menggoreng
  5. 2 batang serai (dimemarkan)
  6. 2 lembar daun salam
  7. 3 cm lengkuas (dimemarkan)
  8. 500 ml air
Bumbu Yang Diperlukan :
  1. 5 butir bawang merah
  2. 5 siung bawang putih
  3. 8 buah cabai merah keriting
  4. 1/2 sendok teh ketumbar
  5. 1/2 sendok teh terasi
  6. 1 sendok teh garam
  7. 1 sendok makan gula pasir
  8. penyedap rasa jika suka
Cara Membuat :
  1. Haluskan Bumbu
  2. Olesi ayam dengan air jeruk nipis dan garam kemudian tunggu selama 15 menit dan setelah itu dicuci kembali hingga bersih.
  3. Goreng ayam setengah matang kemudian ditiriskan.
  4. Tumis bumbu-bumbu yang telah dihaluskan tadi bersama dengan serai, daun salam, dan lengkuas sampai harum kemudian tuangkan air, masak sampai mendidih.
  5. Masukan ayam goreng kemudian aduk rata sampai kuahnya mengering lalu angkat dan bakar ayam diatas bara api sampai kecoklatan kemudian angkat dan siap untuk disajikan. 
Tambahan 
Potongan ayam janganlah terlalu besar dan memarkan dipersendian agar bumbu cepat meresap karena bumbu sulit meresap,rasanya akan hambar.
Bakar ayam diatas bara api dan bukan diatas api, kalau diatas api nanti ayam akan hangus dan rasanya akan pahit, untuk solusinya alasi ayam dengan daun pisang agar ayam tidak langsung mengenai api.   

You Might Also Like:

Share this:

Add your comment
Hide comment

Disqus Comments