Skip to main content

follow us


Mungkin bunda sering merasakan keripik singkong yang di jual di toko makanan, hal yang yang terbesit di pikiran bunda selain rasanya yaitu kerenyahan keripik singkongnya. kok bisa ya kripik singkong yang dijual di toko bisa serenyah itu? sedangkan kalau buatan sendiri malah kurang renyah bahkan bisa di bilang agak keras. Meski keripik singkong dibuat unik, jika kurang renyah tentunya terasa kurang pas. Nah pada Kesempatan kali ini Kuliner master akan membagikan resep keripik singkong renyah dan tentunya tidak kalah dengan aneka keripik singkong yang dijual di toko-toko makanan.

Cara membuat keripik singkong pedas yang akan kuliner master bagikan ini pembuatannya cukup mudah serta bumbu - bumbu membuat keripik singkong pun mudah di dapat.

Resep Membuat Cemilan Keripik Singkong Pedas Yang Renyah Dan Tahan Lama

Bagi bunda yang ingin mencobanya di rumah silahkan resepnya berikut ini

Bahan:
    1/2 kg singkong 
    1 sdt kapur sirih
    1 sdt garam
    6 butir bawang merah (diiris tipis)
    6 siung bawang putih (diiris tipis)
    15 buah cabai rawit (atau sesuai selera)
    1/2 sdm merica  (atau sesuai selera)
    1/4 sdt ketumbar
    Garam secukupnya
    Gula pasir secukupnya


Cara Membuat:
  • Iris singkong tipis-tipis, jika memungkinkan gunakan alat khusus pemotong keripik agar ukurannya pas, dan ketebalannya sama.
  • Campur kapur sirih dan garam dengan air untuk bahan rendaman singkong .
  • Rendam singkong selama 5 menit di dalam air rendaman, angkat lalu rendam kembali di air bersih, angkat, dan biarkan beberapa waktu agar air sedikit tiris.
  • Goreng keripik dalam minyak panas, pastikan keripik terendam dalam minyak, dan gunakan api sedang, karena jika menggunakan api yang terlalu besar maka keripik singkong akan cepat gosong dan tidak renyah. Setelah matang keemasan, angkat dan tiriskan.
  • Lanjutkan menggoreng hingga semua irisan singkong habis
Bumbu Pedas : 
  • Oven atau jemur bawang putih dan bawang merah yang sudah diiris tipis dan cabai hingga kering. Jika pakai oven, hati-hati jangan sampai bawang dan cabai nya gosong.
  • Sangrai ketumbar dan merica hingga harum.
  • Haluskan semua bahan termasuk garam dan gula dengan menggunakan blender. Sesuaikan rasanya dengan selera Anda.
  • Masukkan keripik singkong yang sudah digoreng ke dalam wajan atau wadah besar, lalu bumbui keripik dengan bumbu pedas hingga rata.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar