Skip to main content

follow us

Menu Baru Resep Masakan Ayam Betutu Yang Enak- Belakangan ini anda mungkin tidak asing dengan masakan yang mantap dan enak yaitu bebek betutu, bukan pecinta kuliner jika belum pernah merasakan nikmatnya bebek bertutu. Namun bagaimana jika bumbu masakan bebek betutu ini digunakan dengan bahan Ayam, bagaimana rasanya ya? .

Ayam betutu inilah nama masakan yang tidak kalah enak dengan bebek betutu karena memang bumbu - bumbu yang digunakan hampir sama dengan bebek betutu, hanya saja jika bahan utamanya berbeda maka tentunya sensasi rasanya juga berbeda.

Kuliner ayam betutu ini ternyata juga cukup populer dikalangan masyarakat Bali namun mungkin masih terdengar asing bagi sebagian orang. Citarasa Ayam Betutu tidak kalah nikmat dengan Bebek Betutu, karena kedua jenis bahan ini berbeda tekstur dagingnya tentunya cara mengolahnya pun sedikit berbeda,

Maka pada kesempatan kali ini Kuliner Master akan membagikan resep bagaimana membuat makan lezat ayam betutu,silahkan praktekan resep berikut ini :
  • Bahan 1 :
1 ekor ayam broiler
2 sendok makan air jeruk nipis
1 sendok teh garam
2 sendok makan minyak untuk menumis
2 batang serai diiris halus
daun pisang secukupnya untuk membungkus
100 gram daun singkung direbus
4 lembar daun jeruk
  • Bahan 2 :
6 siung bawang putih
8 butir bawang merah
12 buah cabai merah keriting
2 cm kunyit bakar
1/2 sendok teh terasi bakar
1/2 sendok teh ketumbar
2 cm jahe diparut
2 cm lengkuas diparut
1 sendok teh garam
1 sendok makan gula merah diiris
  • Cara Membuat :
  1. Haluskan terlebih dahulu bahan-bahan no.2
  2. Lumuri ayam dengan air jeruk nipis dan garam, biarkan selama 15 menit lalu sisihkan.
  3. Tumis bumbu halus sampai harum, tambahkan serai kemudian aduk rata dan angkat.
  4. Bagi bumbu tumis menjadi 2 bagian, campurkan satu bagian bumbu dengan daun singkong dan daun jeruk, aduk rata kemudian masukan daun singkong berbumbu kedalam rongga dada ayam.
  5. Lumurkan sisa bumbu tumis keseluruh permukaan ayam lalu bungkus ayam dengan daun pisang kemudian dikukus selama 45 menit, angkat.
  6. Bakar ayam hingga kecoklatan dan matang lalu angkat dan siap untuk disajikan.
Selamat Mencoba.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar